16 November 2017

TIPS MEMILIH MOBIL BEKAS

Mobil Bekas / Second

Tips Memilih Mobil Bekas - Saat ini mobil menjadi salah satu kebutuhan yang hampir semua orang ingin penuhi, melihat fasilitas transportasi umum yang masih dirasa kurang aman dan nyaman, memiliki kendaraan pribadi menjadi solusi terbaik untuk bisa memenuhi kebutuhan perjalanan setiap orang.

Pada kenyataannya tidak semua orang bisa mendapatkan kendaraan ber-roda 4 ini dengan mudah, harga yang tergolong mahal menjadi salah satu kendala yang dihadapi ketika seseorang berkeinginan untuk memiliki mobil, apalagi mobil keluaran terbaru yang memiliki fitur keamanan dan knyamanan di atas standar.

Namun hal tersebut bukanlah menjadi penghalang anda untuk bisa memiliki mobil yang dicita-citakan. Ketika anda belum bisa untuk membeli mobil keluaran terbaru dengan harga yang cukup tinggi, maka solusinya adalah dengan memilih untuk membeli mobil bekas namun berkualitas.

Dengan semakin banyaknya pabrikan mobil yang memproduksi dan menjual mobil keluaran terbaru setiap harinya, ternyata berdampak juga pada semakin banyaknya penjual mobil second / bekas pakai. Dengan demikian jika seseorang belum bisa membeli mobil keluaran terbaru dengan harga yang cukup tinggi, maka membeli mobil bekas / second adalah salah satu pilihan tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan / keinginan dalam memiliki kendaraan ber-roda 4 ini.


memilih mobil bekas pemakai langsung

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memilih mobil bekas untuk anda miliki


1. Mencari Informasi


Pertama yang harus anda lakukan adalah mencari informasi tentang jenis mobil apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda, dari mulai type, merk, harga, tahun, spesifikasi dll. Jangan lupa lihat juga review tentang mobil tersebut sebagai bahan untuk pertimbangan anda dalam menentukan pilihan nantinya.

 

2. Menentukan Pilihan Membeli


Setelah anda mendapatkan segala informasi tentang jenis mobil apa yang paling cocok untuk anda miliki, sekarang waktunya untuk mencari mobil tersebut. Anda bisa mencari mobil yang ingin anda miliki di showroom mobil bekas maupun dari penjual perorangan. Tips memilih mobil bekas apabila anda mencarinya di showroom, maka pilihlah showroom yang sudah mempunyai brand terkenal dan image baik dalam segala hal, baik itu dari segi pelayanan, jaminan dan kualitas khususnya.

Kemudian sebaiknya pilihlah kendaraan yang lebih sedikit berpindah tangan, jika memungkinkan pilihlah mobil bekas yang baru satu tangan kepemilikannya, maka anda sebagai pemilik ke dua nya (walaupun anda mendapatkannya dari showroom), karena hal tersebut bisa lebih memperkecil resiko yang lebih besar kedepannya ketika anda membeli mobil bekas.

Lebih baik lagi jika anda mendapatkan mobil dari penjual sekaligus pemakainya langsung (dibandingkan dari showroom atau melalui broker) karena selain anda bisa lebih menghemat biaya pengeluaran yang lebih besar ketika membeli mobil melalui pihak ketiga, anda juga bisa lebih mengetahui lebih jauh lagi detail dan sejarah mobil tersebut sebelum akhirnya anda beli.

 

3. Jangan Terburu-buru


Walaupun anda sudah menentukan pilihan kendaraan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas anda, sebaiknya anda tidak terburu-buru dalam hal membeli mobil bekas tanpa matang-matang anda membandingkan dan mempertimbangkannya terlebih dulu, agar terhindar dari resiko yang akan didapatkan kedepannya setelah anda memakai mobil yang telah anda beli tersebut.

 

4. Memeriksa Exterior


Telitilah sebelum membeli, periksa seluruh bagian kendaraan yang terlihat, dari mulai bodi, cat mobil, apakah ada goresan, penyok atau karat, apakah sudah ada yang diganti atau tidak, bagian kaca mobil, apakah terdapat retak atau kaca film yang sudah rusak, ban mobil apakah masih tebal atau sudah sangat tipis, juga adakah ban serepnya serta tanyakan juga kelengkapan kunci-kunci perkakas mobil tersebut. Bahkan anda juga bisa lihat ke bagian bawah kendaraan, periksa apapun yang anda bisa lihat, apakah ada keropos di bagian bawah kendaraan atau adakah bagian yang terlihat tidak semestinya, yang perlu anda pertanyakan dan pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan pilihan.

 

5. Periksa Mesin


Hal yang tidak kalah pentingnya dalam memilih mobil bekas adalah lihat dan cek kondisi mesinnya, bagian ini memang sedikit sulit untuk anda periksa jika anda bukanlah seorang teknisi atau yang ahli di bidangnya, mungkin solusi terbaik adalah dengan membawanya untuk di periksa ke bengkel terdekat dan terpercaya, bisa juga dengan anda mengajak mekanik atau yang ahli dibidangnya pada saat anda akan melihat kendaraan yang hendak anda beli. Hal itu dapat mengurangi resiko anda tertipu atau mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang buruk.

 

6. Cek Fitur dan Interior


Setelah anda selesai mengecek bagian luar dan mesin mobil tersebut, kini lanjutkan dengan mengecek bagian dalam kendaraan yang hendak anda beli. Cek seluruh bagian dalam kendaraan dari depan sampai belakang, dari mulai dashboard, kaca, pintu, langit-langit, jok dan bagian bawahnya, apakah masih bagus dan terawat, kemudian cek bagian interior lain dari mulai audio, AC, lampu-lampu, dan fungsi-fungsi panel penting lainnya apakah berjalan normal atau bahkan ada bagian penting lainnya yang tidak berfungsi semestinya.

 

7. Kelengkapan Surat-surat


Selanjutnya cek kelengkapan surat-surat kendaraan tersebut dari mulai BPKB, Faktur STNK dan Pajak apakah ada dan asli, kemudian cocokan dengan kendaraan tersebut, sesuaikan TNBK (plat nomor). Nomor rangka, nomor mesin, nama pemilik dll, apakah sesuai surat-surat dengan kendaraannya. Bila perlu lakukan pengecekan ke POLDA / SAMSAT terdekat untuk mengetahui kebenaran dan keaslian dokumen tersebut.

Sebaiknya buat juga dokumen jual beli, minimal dengan kwitansi bermaterai yang menjelaskan transaksi jual beli kendaraan tersebut, dilengkapi dengan data diri dan fotocopy identitas penjual maupun pembelinya.

 

8. Test Drive


Jika anda sudah hampir 100% cocok dengan kendaraan tersebut setelah melakukan berbagai cek dan pemeriksaan, kini tinggal lakukan langkah pengecekan terakhir untuk lebih meyakinkan anda dalam menentukan pilihan, yaitu dengan tes mengendarai kendaraan tersebut, lakukan test drive baik jarak jauh ataupun dekat agar anda mendapatkan gambaran lebih jelas tentang kondisi mobil bekas yang akan anda beli tersebut, tentunya dengan telah meminta dan diberikan izin sebelumnya oleh si penjual, bahkan pastinya anda melakukan test drive bersama pemilik mobil tersebut.


Cara Memilih Mobil Bekas


Itulah tips cara memilih mobil bekas yang bisa OTOABHE sajikan pada pembahasan kali ini, mudah-mudahan bisa menambah wawasan bagi anda yang akan membeli mobil bekas berkualitas. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top