11 November 2017

TIPS DAN LANGKAH MENJALANKAN MOBIL BERTRANSMISI OTOMATIS

Tips dan Langkah Menjalankan Mobil Bertransmisi Otomatis - Di Zaman moderen seperti sekarang Mobil Otomatis / Matic seakan yang paling bisa mengerti kebutuhan para pengendara mobil, dengan semakin meningkatnya volume kendaraan saat ini apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dll, membuat jalanan semakin padat oleh kendaraan baik dari kendaraan ber-roda 2, 4 maupun yang lebih banyak lagi. Kendaraan bertransmisi otomatis menjadi primadona banyak orang untuk memenuhi kebutuhan berkendara pada kondisi jalanan macet seperti itu.



Kendaraan Transmisi Automatic



Sebelum anda memulai berkendara di jalan raya dengan menggunakan mobil yang bertransmisi otomatis, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut ini :


Langkah yang Perlu Diketahui Sebelum Menjalankan Mobil Otomatis



  • Pastikan tuas transmisi ada pada posisi P (parkir) atau N (netral) saat Anda menghidupkan mesin. Transmisi otomatis yang ada pada mesin mobil bisa dihidupkan ketika tuas transmisi pada posisi tersebut. 

  • Setelah mesin dihidupkan, sebaiknya tunggu beberapa saat supaya suhu mesin naik, karena untuk beberapa jenis transmisi otomatis, perpindahan percepatan otomatis belum bisa terjadi secara sempurna ketika suhu kerja transmisi belum mencapai suhu tertentu.

  • Selanjutnya pastikan Anda menginjak pedal rem ketika akan menggeser tuas / menjalankan mobil. Misalnya ketika menggeser tuas dari posisi P ke R lalu ke N dan D, atau dari D ke N, lalu ke R dan ke P. Pengereman saat pergeseran tuas diperlukan untuk menghindari potensi kerusakan pada mesin. Bahkan untuk mobil yang menggunakan tombol starter, mesin hanya bisa dihidupkan ketika pedal rem di injak.

  • Untuk memulai perjalanan dengan kondisi jalan yang normal, Anda hanya perlu geser tuas transmisi ke posisi D (drive) untuk berjalan maju dan R (mundur). Untuk kondisi jalan menanjak, jalanan menurun atau jalanan licin, yang membutuhkan pengereman mesin (engine break), maka anda perlu menggeser tuas transmisi ke posisi 2. Apabila jalanan menanjak atau menurun sangat curam, maka geser tuas otomatis ke posisi L / 1.

  • Pilih mode pengoperasian Economis atau Power (bila tersedia). Mode Economis digunakan untuk kondisi jalanan dalam kota yang sering mengalami kemacetan, agar hemat BBM atau ketika Anda ingin berkendara secara lebih santai. Pada pilihan mode Economis, perpindahan percepatan / gigi otomatis berlangsung lebih cepat. Pada Mode Power memungkinkan terjadinya perpindahan percepatan otomatis menjadi lebih lambat, sehingga pada mode ini mobil dapat digunakan untuk berakselerasi.

  • Manfaatkan tombol OD atau geser tuas ke posisi 3 (bila tersedia) untuk membantu Anda berakselerasi menggunakan gigi 3, seperti misalnya untuk mendahului mobil saat melaju dengan kecepatan di atas 60 km/jam, atau saat menemukan tanjakan panjang yang mengharuskan Anda menggunakan gigi 3. Ketika OD / OFF menyala berarti perpindahan percepatan gigi otomatis dibatasi pada gigi 3.

  • Gunakan mode pengoperasian M (Manual) bila fasilitas ini tersedia, jika ingin mengendarai mobil matic dengan perpindahan gigi seperti mobil manual. Dengan fasilitas matic manual (tiptronic), menjadikan Anda menambah dan mengurangi tingkat percepatan / gigi sesuai keinginan. Caranya cukup geser tuas ke posisi M (bisa ketika mobil berhenti atau berjalan), lalu geser tuas ke (+) untuk menambah gigi atau (-) untuk menurunkan gigi. Untuk mobil tertentu yang dilengkapi handle shift di belakang kemudi, setelah tuas digeser ke M, tinggal menarik shift yang kanan (+) untuk menambah gigi dan kiri (-) untuk menurunkan gigi.

Mobil matic yang tidak ada fasilitas manual-matic, bila ingin melakukan perpindahan percepatan / gigi secara manual bisa saja. Misalnya Anda mulai jalan dari gigi 1/L (Perpindaha percepatan otomatis akan berpindah ketika laju kendaraan sudah sesuai dengan kecepatan pada tiap-tiap tingkat percepatan).

Untuk menambah percepatan, cukup menggeser tuas ke 2. Bila mau menambah percepatan ke gigi 3 (untuk mobil matic dengan pilihan pengoperasian P R N D 2 L), sebelum meggeser tuas ke D tekan dulu tombol OD agar OD/OFF. Bisa juga sebaliknya geser tuas ke D lalu segera tekan tombol OD. Ini dilakukan agar tidak terjadi perpindahan gigi secara otomatis dari 3 ke 4. 

Selanjutnya ketika mau pindah ke gigi 4 cukup dengan menekan kembali tombol OD. Untuk mobil matic P R N D-3 2 1/L, ketika Anda mau pindah dari gigi 2 ke 3 cukup menggeser tuas dari 2 ke 3. Selanjutnya untuk masuk gigi 4 cukup menggeser tuas dari 3 ke D.


Handle / Paddle Shift Triptonic Manual - Matic


Bila Anda akan menggeser tuas transmisi dari gigi atas ke yang lebih rendah, misalnya dari posisi 3 ke 2 lalu ke 1/L. Atau dari D ke 2 lalu ke 1/L. Anda harus memperhatikan laju kendaraan sebelum Anda menggeser tuas.  Upayakan jangan lakukan pada kecepatan tinggi karena berpotensi merusak planetary gear set (gearbox). Umumnya tiap transmisi otomatis mempunyai batas maksimum kecepatan pada setiap tingkat percepatan-nya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top