06 Oktober 2017

TIPS AMAN BERKENDARA MENGGUNAKAN MOTOR

Tips Aman Berkendara Menggunakan Motor - Memiliki kendaraan bermotor sekarang sudah bukanlah menjadi suatu hal yang sulit untuk kebanyakan orang, namun memahami tentang bagaimana dan apa saja resikonya ketika memiliki kendaraan maupun dalam berkendara masih kurang diperhatikan oleh kebanyakan pemilik kendaraan itu sendiri, padahal jika dibeberkan banyak sekali aspek-aspek yang harus diketahui dan diperhatikan ketika kita memiliki kendaraan, salah satunya yaitu dari segi keamanan dan pemahaman terhadap kendaraan yang kita miliki/gunakan.


Kali ini OTOABHE akan membagikan tips aman sebelum anda berkendara menggunakan sepeda motor, yaitu mencakup hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum anda berkendara.


hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara dengan sepeda motor


Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Safety Riding bagi pengendara sepeda motor, yang OTOABHE dapatkan dari Divisi Humas Polri dalam akun jejaring sosialnya:



cek kondisi kendaraan yang akan digunakan


  • Sebelum anda melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor, hal wajib yang harus anda lakukan adalah mengecek kondisi kendaraan yang akan anda pakai. Bagian-bagian penting pada kendaraan yang mesti anda cek yaitu seperti bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai/accu, baut mur, kaca spion, kopling dan rem. 


pastikan STNK selalu dibawa


  • Pastikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) selalu anda bawa ketika anda menggunakan kendaraan tersebut, karena STNK adalah sebagai bukti bahwa kendaraan yang anda pakai itu legal dan layak untuk digunakan.


sudah punya SIM dan pastikan dibawa


  • SIM (Surat Izin Mengemudi) pastikan anda susdah membuat/mempunyai SIM sebelum anda mengendarai kendaraan bermotor, dan pastinya selalu anda bawa ketika anda berkendara, karena SIM merupakan bukti untuk menunjukan bahwa anda layak mengendarai kendaraan bermotor.


gunakan helm standar Helm Full Face dan Helm Half Face


  • Gunakan helm standar, pastikan juga kaca helm bersih agar tidak mengganggu penglihatan saat anda berkendara. Anda boleh menggunakan helm jenis full face atau half face, gunakan helm kemanapun anda berkendara, baik jarak dekat maupun jauh.


Sarung tangan pengendara Motor


  • Gunakan sarung tangan yang mudah menyerap keringat serta tidak licin, agar tidak mengganggu saat memegang dan mengendalikan handle kemudi motor anda, akan lebih baik lagi bila menggunakan sarung tangan yang berbahan keras dibagian depan tangannya.

  • Pakailah jaket yang mampu melindungi seluruh bagian tubuh anda baik dari terpaan angin maupun saat terjadi benturan baik kecil maupun besar, bila perlu pakai rompi khusus. Namun tetap pertimbangkan juga ventilasinya yang baik agar jaket tetap nyaman ketika anda gunakan selama berkendara.


Gunakan jaket/rompi dengan warna yang terang / fluorecent


  • Jika berkendara dalam keadaan gelap, sebaiknya anda menggunakan jaket/rompi dengan warna yang terang / fluorecent, fungsinya agar ketika terkena cahaya akan terlihat menyala, hal tersebut berguna agar anda lebih terlihat oleh pengendara lain ketika posisi anda berada di jalan yang sedikit sekali penerangannya.

  • Dalam kondisi hujan sebaiknya gunakan jas hujan yang terpisah (atasan dan celana) dengan bahan yang tidak mudah sobek dan tidak tembus air tentunya.

  • Pakailah sepatu yang nyaman serta aman bagi seluruh lapisan kaki ketika anda berkendara menggunakan sepeda motor, minimal yang menutupi sampai daerah mata kaki. Jangan anda biasakan menggunakan sandal saat berkendara.

  • Taatilah rambu-rambu dan lampu pengatur lalu-lintas. Menjaga etika dan kewaspadaan saat berkendara adalah wajib dimiliki oleh setiap pengendara, dan yang tak kalah penting adalah membiasakan diri sendiri menerapkan prosedur standar keamanan dan keselamatan dalam berkendara di jalan raya, karena hal tersebut dapat berdampak positif untuk bisa mengurangi angka kecelakaan pada pengendara kendaraan bermotor di jalan.


Itulah hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum berkendara menggunakan sepeda motor yang OTOABHE dapatkan dari Akun Jejaring Sosial Divisi Humas Polri. Mudah-mudahan Tips aman sebelum berkendara menggunakan sepeda motor ini bisa bermanfaat untuk para pengendara yang masih sering lupa atau bahkan yang belum tahu sama sekali tentang hal tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top