26 Juni 2019

Butuh Waktu Minimal Sebulan Untuk Mengukir Batik Di Part Motor

tanki batik

 
Tangki motor yang didesain dengan batik 
Foto: Ridwan Arifin

Depok - Otolovers, batik tidak hanya diaplikasikan pada fashion saja lho, industri kustom motor pun ikut meramaikan kehadiran batik. Selain teknik pengecatan air brush, ngebatik juga sanggup diukir atau engrave pada bab plat yang berbahan alumunium atau plat.

Sudah niscaya motor kustom yang berkelir batik dengan teknik ukir punya khas sendiri. Saat diraba pun ada tekstur tidak merata yang menambah nilai estetika.

Eits meski bakal keren, ternyata untuk membuatnya perlu waktu yang tidak sebentar. Seperti yang dikatakan Luqman, pemilik bengkel Victorius Custom Works yang bermarkas di Jl. Caringin, Kp. Kekupu, RT 04/05 Rangkapan Jaya Pancoran Mas Depok.

"Di sini hanya mendapatkan pesanan, nanti kita lempar ke seniman artisnya di Bandung, nama Facebook-nya Ato Bastyan, jadi aku tidak tahu persis alat yang dipakai ibarat apa," ungkap laki-laki asal Garut ini.

Kendati pengukiran tidak diproduksi di bengkelnya, terkadang ada saja produk lain ibarat alat musik gitar biola dan sebagainya. "Ada orang tiba ke sini bawa gitar, biola pingin diukir, aku eksklusif kasih kontaknya ke Ato kan ia punya bengkel di Bandung namanya Rockz 99, tapi orang yang resep seni niscaya nyari," terperinci Luqman.

Untuk mendapatkan barang ternyata tidak membutuhkan waktu yang sebentar. "Biasanya minimal dari pemesanan hingga barang tiba waktunya sebulan setengah barang hingga sini," tuturnya.

Menurutnya proses pengerjaan memang tidak sembarangan. Pasalnya semakin banyak motif berkaitan dengan ukuran dimensi yang dikerjakan. "Kalau semakin kecil maka pengerjaan tentu makin sulit alasannya ialah dituntut untuk lebih berhati-hati," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top