02 Juni 2019

Toyota Calya Berasa Mobil Rp 300 Jutaan

Toyota Calya Modif


Toyota Calya modifikasi / Foto: Ridwan Arifin

Jakarta - Memodifikasi kendaraan beroda empat LCGC memang tidak disarankan berlebihan agar tidak kelihatan boyo atau terkesan maksa dengan kapasitasnya. Apalagi untuk pengguna harian sebaiknya memperhatikan aspek keselamatan.

Seperti mobil Toyota Calya milik Ketua Umum Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) Sapto Prayitno, kendaraan beroda empat yang dijuluki Qiu Qiu oleh member KTCI ini tidak terlalu banyak melaksanakan ubahan, ialah hanya pada tampilan eksterior dan penambahan interior.

"Kalau untuk Calya aku ya, modifikasi tidak berlebihan, tidak mengubah mesin, hanya upgrade beberapa tambahan tambahan, dan menaikkan pelek jadi ukuran 17 inci," ucap Sapto Prayitno ketika ditemui detikOto.

Interior Monitor


Monitor di kabin Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Soal pelek, Sapto memakai milik Toyota Altis ukuran ring 17. "Kalau pelek dan ban nggak habis banyak, kurang lebih Rp 10 juta," ungkap Sapto.

Bicara soal eksterior, Toyota Calya berkelir merah ini hanya diberi tambahan berupa body kit grill depan dan bumper belakang, serta spoiler yang tak terlalu mencolok di bab belakang.


Selain itu Qiu Qiu miliknya ini juga menambah tambahan tambahan pada bab interiornya, menyerupai monitor TV milik Kijang Innova, spion berkamera, odometer custom, double DIN brand Pioneer, dan kulit jok memakai tambahan keluaran dari member KTCI Bekasi. Wah jadi menyerupai kendaraan beroda empat seharga Rp 300 jutaan ya?



Toyota Calya

Foto: Ridwan Arifin

Sapto menyampaikan modifikasi mobilnya banyak diadopsi memakai bengkel member dari anggota KTCI. "Dan ini tidak merubah bentuk, hanya tinggal plug dan play saja, body kit dari bengkel rekanan kita Abadi di Bekasi, dan per juga dari bengkel sumber jaya punya member di Cikarang," ungkapnya.

Bicara soal total biaya nya menghabiskan Rp 35 juta, dengan waktu pengerjaan tidak diketahui. Pasalnya Sapto sendiri memulai untuk mempercantik mobilnya secara bertahap.

Mobil yang sudah dimodifikasi itu pun masih sepakat dibawa jalan. Mobil dipakai sebagai mobilitas sehari-hari, bahkan setiap satu tahun dua kali, selalu dipakai untuk mudik ke Solo.


Calya Tampak Samping

Mobil dilihat dari samping / Foto: Ridwan Arifin

Dalam pantauan detikOto, dari sisi eksterior tidak beberapa banyak diubah, ialah penambahan body kit pada grille depan, spoiler di pintu belakang, dan list perak pada setiap sisi lampu mobil.

Sementara untuk warna merah pada kendaraan beroda empat tetap dipertahankan hanya ditambah striping custom berwarna hitam pada sisi mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top