05 Juni 2019

Pengguna Vespa Banyak Gunakan Part Racing Untuk Harian

Scooter VIP Foto: Luthfi Anshori
Scooter VIP Foto: Luthfi Anshori

Jakarta - Vespa merupakan merek skuter asal Italia yang kental dengan nuansa klasik dan elegan. Tapi hal tersebut ternyata tidak selamanya benar. Sebab banyak juga pengguna Vespa di Indonesia yang berorientasi ke arah performa.

Modifikasi ke arah performa yang dimaksud ialah dengan melaksanakan peningkatan kapasitas mesin (bore up) atau melaksanakan ubahan di sistem transmisi.

"Kebanyakan anak Vespa klasik dua tak yang kayak gitu," ujar owner Scooter VIP Dennil Sagita, kepada wartawan, di Tebet Jakarta Selatan, Kamis (15/11/2018).

Masalahnya, Vespa yang telah dijejali part racing tersebut tidak dipakai di habitatnya, yakni sirkuit. Malah banyak yang menggunakannya untuk harian (daily use). Padahal itu dapat menjadikan kerugian.

"Banyak yang salah kaprah. Padahal part part-part mahal yang dibeli itu labelnya for race only, tapi mereka malah gunakan untuk harian atau untuk touring. Akhirnya mereka yang rugi juga, mesin dapat jebol di tengah jalan," lanjut Dennil.

Menurut Dennil, motor yang sudah pakai komponen full spek balap harusnya dipakai sesuai tempatnya, yakni di sirkuit. Sebab komponen racing punya spek dan abjad yang berbeda dibanding komponen OEM.

"Part racing punya spek berbeda dan ditujukan untuk kekuatan ketika dipakai dalam intensitas tinggi. Sementara untuk umur atau durabilitasnya, tentu saja tidak seawet part original. Makara gunakan sesuai peruntukannya," pungkas Dennil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top